cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI dan MANAJEMEN BISNIS
ISSN : 23377887     EISSN : 25489836     DOI : -
Core Subject : Economy,
Terbit dua kali setahun pada bulan Juli dan Desember: mulai Volume 6, Nomor 1, Juli 2018. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang Akuntansi, Ekonomi, dan Manajemen Bisnis.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Desember 2019" : 14 Documents clear
ANALISIS PERLAKUAN BIAYA PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI DALAM PERSPEKTIF AKUNTANSI Khotibul Umam; Zainal Abidin; Farid Firmansyah
JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI dan MANAJEMEN BISNIS Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Desember 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.111 KB) | DOI: 10.30871/jaemb.v7i2.1358

Abstract

Standar akuntansi merupakan konsep dasar yang sangat diperlukan dalam penyusunan dan pengembangan pedoman penyelenggaraan akuntansi atas suatu asset, utang maupun ekuitas dalam pengelolaan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Modul pedoman akuntansi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji saat ini belum mengatur secara detail terkait dengan pengelolaan BPIH, yakni modul tersebut hanya sebagai bahan latihan untuk pelatihan pedoman akuntansi penyelenggaraan BPIH yang mengatur pencatatan dan pembuatan laporan keuangan secara umum. Kementerian Agama perlu melakukan koordinasi kepada pihak terkait seperti Ikatan Ahli Akuntansi (IAI) dalam merumuskan standar akuntasi (PSAK) BPIH dan mengembangkan sistem aplikasi informasi akuntansi agar pelaporan pengelolaan keuangan BPIH bisa lebih komprehensif dan lebih dapat dipertanggung jawabkan.
ANALISIS PENGARUH PENGELUARAN PER KAPITA DENGAN ANGKA HIV DI 34 PROVINSI DI INDONESIA Fizri Nur Azizah; Estro Dariatno Sihaloho
JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI dan MANAJEMEN BISNIS Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Desember 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.762 KB) | DOI: 10.30871/jaemb.v7i2.1426

Abstract

Tidak hanya masyarakat Indonesia yang terserang kasus HIV namun seluruh dunia pun mengkhawatirkan persebaran kasus HIV. Menurut WHO jumlah kematian akibat HIV setiap tahunnya terus meningkat, banyak faktor yang mempengaruhi pertambahan jumlah kasus HIV. Pada saat ini kasus HIV merupakan masalah kesehatan yang banyak dihadapi oleh masyarakat dunia, menurut WHO estimasi jumlah penderita HIV di Indonesia disemua umur adalah sekitar 630.000 jiwa. Perlu adanya edukasi dan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait virus HIV. Sebab pada dasarrnya, pendidikan menjadi fondasi untuk menentukan sikap dan keputusan yang diambil oleh seseorang. Akibat dari kasus HIV, kekebalan tubuh yang makin menurun akan memudahkan masuknya penyakit kedalam tubuh dan bahkan penyakit ringan pun dapat berubah menjadi penyakit berbahaya. Akses terhadap obat-obatan untuk menyembuhkan HIV sangat sulit dan bahkan mahal harganya. Melihat hal ini maka HIV merupakan hal yang perlu menjadi perhatiakan pertumbuhannya. Gangguan kesehatan yang dialami setiap orang akan mempengaruhi kualitas dari kegiatan sehari-harinya, dan mempengaruhi produktivitas yang dapat dicapainya. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa variable yang berpengaruh signifikan terhadap jumlah kasus HIV adalah percapita expenditure, dan PDRB. Sementara Variable Puskesmas dan variable Angka partisipasi murni sekolah dasar tidak berpengaruh secara signifikan.
PENGARUH ENVIRONMENTAL PERFORMANCE, ENVIRONMENTAL DISCLOSURE, DAN ISO 14001 TERHADAP FINANCIAL PERFORMANCE Rizky Aulia; Sofyan Hadinata
JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI dan MANAJEMEN BISNIS Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Desember 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.703 KB) | DOI: 10.30871/jaemb.v7i2.1439

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh environmental performance, environmental disclosure dan ISO 14001 terhadap financial performance dengan firm size sebagai variabel kontrol. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 26 perusahaan dari sektor pertambangan dan sektor manufaktur yang terdaftar pada Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) selama tahun 2013-2017. Environmental performance pada penelitian ini diukur menggunakan PROPER dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Environmental Disclosure diukur menggunakan Indonesian Environmental Report (IER) indeks dari penelitian Suhardjanto, Tower, dan Brown (2008). ISO 14001 diukur menggunakan variabel dummy dan financial performance diukur menggunakan Return on Assets (ROA).Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Jenis data yang digunakan merupakan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel menggunakan Eviews 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial environmental performance, environmental disclosure dan ISO 14001 berpengaruh terhadap financial performance, sedangkan ISO 14001 tidak berpengaruh terhadap financial performance.
PENERAPAN AKUNTANSI LINGKUNGAN UNTUK MENGOPTIMALKAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL BAGI PARA PELAKU INDUSTRI Agung Joni Saputra; Mia Juliana Siregar
JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI dan MANAJEMEN BISNIS Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Desember 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.709 KB) | DOI: 10.30871/jaemb.v7i2.1563

Abstract

Pantai Ocarina merupakan salah satu destinasi wisata di pulau Batam, dimana lokasi nya yang sangat strategis dekat dengan pelabuhan internasional dan mudah untuk dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai ekonomi wisata dan mengidentifikasi faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan pengunjung. Metode biaya perjalanan (Travel Cost Method) dipilih untuk mengestimasikan potensi ekonomi dipantai Ocarina, data diperoleh dengan menggunakan kuisioner. Setelah didapatkan data yang diperlukan maka akan dilakukan perhitungan potensi ekonomi dimana hasil tersebut akan dijadikan standar penentuan nilai Corporate Social Responsibility (CSR). Hasil regresi yang didapat dalam penelitian ini adalah LnY = -122.52 + 4.59 LnX1 + 8.42 LnX2 – 4.83 LnX3. Potensi ekonomi yang dihasilkan oleh pantai Ocarina adalah sebesar Rp 14.959.123.940 dimana potensi ekonomi ini akan dijadikan standar dalam penentuan CSR bagi seluruh pelaku industri dipulau Batam yang berlokasi dikecamatan Batam Kota, Batu Aji, Bengkong, Sagulung, dan Sekupang. Jika dilihat dari sisi per individu maka biaya yang ditanggung oleh masing – masing individual adalah sebesar Rp 110.067 – Rp 220.567.
ANALISIS PENGARUH INDUSTRI PARIWISATA TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DI INDONESIA Annisa Nur Pita; Saiqa Ilham Akbar
JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI dan MANAJEMEN BISNIS Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Desember 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.732 KB) | DOI: 10.30871/jaemb.v7i2.1578

Abstract

In 2017, the growth of the tourism sector in Indonesia ranked the ninth highest in the world (WTTC, 2018). Growth in the tourism sector also has an impact on employment in this sector. This study aims to estimate the effect of the development of the tourism industry on employment in the tourism sector and how much influence. The data used is secondary data from BPS. The form of data is panel data consisting of time series data and cross sections. The time series data is in 2010-2016 while the cross section data consists of 34 provinces in Indonesia. The analytical tool used is regression with panel data. The results of the fixed effect model panel regression can be seen that the probability value of each independent variable is less than the critical value of 5% (0.05). Then it can be concluded that the variable Number of Star Hotels, Number of Non-Star Hotels, Number of Domestic Tourists and Number of Foreign Tourists has a significant and positive effect on the Labor variable in Indonesia. The more the number of star hotels, the number of non-star hotels, the number of domestic tourists and the number of foreign tourists, the higher the absorption of the workforce in the tourism sector.
ANALISIS PENGARUH LOGISTICS SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PERUSAHAN LOGISTIK JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) Shinta Wahyu Hati; Aisyah Juliati
JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI dan MANAJEMEN BISNIS Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Desember 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.483 KB) | DOI: 10.30871/jaemb.v7i2.1592

Abstract

Perkembangan e-commerce yang semakin pesat di Indonesia diikuti secara positif dengan banyaknya jasa penyedia logistik. Ujung tombak dalam e-commerce adalah jasa penyedia logistik itu sendiri yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan suatu e-commerce. Para penyedia jasa logistik harus sangat memperhatikan kualitas atas jasa penyedia logistik yang diberikan karena aspek ini langsung akan berdampak pada rasa kepuasan dan tingkat loyalitas pelanggan. Untuk dapat mengukur tingkat kepuasan dari pelanggan perlu dilakukan agar mampu meningkatkan seberapa jauh kualitas pelayanan guna menciptakan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Logistics Service Quality terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Metode penelitian menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer yang berbentuk kuesioner. Penarikan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling yang mendapat 113 sampel dari mahasiswa/i wilayah Batam. Teknik penarikan sampel dengan kriteria mahasiswa/i yang mempunyai online shopping dan berada dilingkup jurusan manajemen bisnis. Teknik pengolahan data menggunakan PLSSEM (Partial Least Square-Structural Equation Model). Hasil penelitian ini konsisten dengan penelitian sebelumnya, yang menyatakan bahwa Logistics Service Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan dalam penggunaan layanan jasa. Logistics Service Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat loyalitas pelanggan
ANALISIS KOMODITAS UNGGULAN SEKTOR PERTANIAN KECAMATAN SAMIGALUH KABUPATEN KULON PROGO, YOGYAKARTA Rina Oktavia; Ike Yuli Andjani
JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI dan MANAJEMEN BISNIS Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Desember 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.286 KB) | DOI: 10.30871/jaemb.v7i2.1598

Abstract

Kecamatan Samigaluh adalah salah satu kecamatan dalam bentuk dataran tinggi / bukit-bukit berapi yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, D.I Yogyakarta. Luas wilayah Kecamatan Samigaluh adalah 6.929,31 ha (69,29 km2), peringkat ke-2 kecamatan terluas di Kabupaten Kulon. Sektor pertanian di Kecamatan Samigaluh adalah mata pencaharian utama penduduk. Sebagian besar penduduk bekerja sebagai petani dengan mengandalkan sawah, kebun dan ladang. Hampir setengah dari tanah yang dimiliki oleh rumah tangga di Kecamatan Samigaluh digunakan untuk lahan pertanian. Berdasarkan penelitian Kareza dan Muta'ali (2014), Kecamatan Samigaluh termasuk kategori daerah tertinggal. Ini menunjukkan bahwa kinerja ekonomi di Kecamatan Samigaluh belum maksimal. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui potensi Kecamatan Samigaluh, terutama sektor pertanian, yang selama ini menjadi mata pencaharian utama penduduk. Diperlukan analisis mengenai komoditas unggulan sektor pertanian di Kabupaten Samigaluh. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan petunjuk tentang arah pembangunan Kecamatan Samigaluh, sehingga pembangunan daerah tersebut akan bisa diarahkan ke komoditas-komoditas unggulan yang mampu memberikan kesejahteraan maksimal bagi masyarakat setempat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan tipe data sekunder. Alat analisis yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Shift Share Analiysis (SS) dan Location Quotient (LQ). Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, ditemukan bahwa komoditas unggulan sector pertanian di Kecamatan Samigaluh adalah: a) tanaman pangan: padi sawah / ladang; b) tanaman buah: duku / langsat, jeruk siam, salak dan melinjo; c) tanaman obat: mengkudu; d) ternak: kambing; dan e) tanaman perkebunan: kakao, cengkeh dan nilam.
MEMBANGUN BRAND PREFERENCE MELALUI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PERCEIVED BRAND QUALITY Michael Kanisius; Ari Setiyaningrum
JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI dan MANAJEMEN BISNIS Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Desember 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.576 KB) | DOI: 10.30871/jaemb.v7i2.1611

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan perceived brand quality terhadap brand preference pada konteks perusahaan perbankan. CSR yang diteliti mencakup CSR to environment, CSR to society, CSR to stakeholders, dan CSR reputation. BCA dipilih sebagai obyek penelitian dengan pertimbangan BCA merupakan bank swasta terbaik yang aktif menerapkan CSR. Penelitian dilakukan dengan metode survei melalui pendistribusian kuesioner kepada 173 nasabah BCA yang telah mengetahui tentang program-program CSR dari BCA. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa CSR to environment, CSR to society, CSR to stakeholders, CSR reputation, dan perceived brand quality berpengaruh terhadap brand preference.
PERAN KINERJA INOVASI HIJAU DALAM MENGHUBUNGKAN PERMINTAAN PASAR, DAN KINERJA BISNIS (STUDI PADA UMKM DI KOTA BATAM) Atan Iskandar; Muhamad Trio Febriyantoro
JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI dan MANAJEMEN BISNIS Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Desember 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (563.527 KB) | DOI: 10.30871/jaemb.v7i2.1626

Abstract

Isu lingkungan telah menjadi perhatian bagi warga setiap negara dikarenakan dari aktivitas akan berdampak pada lingkungan, pemerintah menerapkan kebijakan untuk mengurangi kerusakan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja organisasi dan menganalisis peran mediasi kinerja inovasi hijau dalam hubungan antara orientasi pasar dan kinerja organisasi pada usaha mikri kecil dan menengah (UMKM) di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan metode primer menyebarkan kuesioner kepada pemilik atau pelaku UMKM, semple pada penelitian ini adalah 129 dari setiap sektor pada UMKM sebanyak 81.486 yang terdaftar dari data Online Data Sistem. Penelitian ini menggunakan teknik Partial Least Squares (PLS) dengan SmartPLS 3.0. hasil penelitian ini terdapat pengaruh positif dan signifikan orientasi pasar terhadap kinerja organisasi. Selanjutnya, kami mengamati bagaimana konstruk inovasi kinerja hijau memediasi sebagian tautan kinerja organisasi dengan orientasi pasar.
MEASURING EXPERIENCE ECONOMY AND VISITOR BEHAVIOR: EMPIRICAL STUDY OF SAWAHLUNTO CITY TOURISM DESTINATIONS Mulyatiunidha Yofina; Dedi Fernanda
JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI dan MANAJEMEN BISNIS Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Desember 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.278 KB) | DOI: 10.30871/jaemb.v7i2.1633

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat (1) pengaruh educational experience terhadap emotion wisatawan, (2) pengaruh entertainment experience terhadap emotion wisatawan, (3) pengaruh escapism experience terhadap emotionwisatawan , (4) pengaruh esthetics experience terhadap emotion wisatawan, (5) pengaruh emotion terhadap kepuasan (satisfaction) wisatawan, (6) pengaruh emotion terhadap behavioral inetention wisatawan, (7) pengaruh kepuasan (satisfaction) terhadap behavioral inetention wisatawan. Objek penelitiannya adalah wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata kota sawahlunto pada tahun 2019 dengan jumlah sampel 246 orang wisatawan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik accidental sampling. Variabel dalam penelitian ini terbagi dua, yaitu : variabel independen (X) = experience economy terdiri dari (X1) = educational experience, (X2) = entertainment experience, (X3) = escapism experience,dan (X4) = esthetics experience serta Variabel dependent (Y1) = emotion, Y2 = satisfaction, Y3 = behavioral intention. Metode analisa datanya adalah Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil yang dirangkum sebagai berikut education berpengaruh positif signifikan terhadap emotion wisatawan , entertainment tidak berpengaruh positif signifikan terhadap emotion wisatawan , escapism berpengaruh positif signifikan terhadap emotion wisatawan , esthetics berpengaruh positif signifikan terhadap emotion wisatawan , emotion berpengaruh positif signifikan terhadap satisfaction wisatawan, emotion berpengaruh positif signifikan terhadap behavioral intentions wisatawan. Kemudian satisfaction berpengaruh positif signifikan terhadap behavioral intentions wisatawan.

Page 1 of 2 | Total Record : 14


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 11 No 1 (2023): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Juli 2023 Vol 10 No 2 (2022): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Desember 2022 Vol 10 No 1 (2022): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Juli 2022 Vol 9 No 2 (2021): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Desember 2021 Vol 9 No 1 (2021): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Juli 2021 Vol 8 No 2 (2020): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Desember 2020 Vol 8 No 1 (2020): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Juli 2020 Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Desember 2019 Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Juli 2019 Vol 6 No 2 (2018): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Desember 2018 Vol 6 No 1 (2018): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Juli 2018 Vol 5 No 2 (2017): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Desember 2017 Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Juli 2017 Vol 4 No 2 (2016): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Desember 2016 Vol 4 No 1 (2016): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Juli 2016 Vol 3 No 2 (2015): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Desember 2015 Vol 3 No 1 (2015): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Juli 2015 Vol 2 No 2 (2014): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Desember 2014 Vol 2 No 1 (2014): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Juli 2014 Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Desember 2013 Vol 1 No 1 (2013): Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis - Juli 2013 More Issue